Senin, 07 Maret 2016 23:12 WIB

Korps Marinir Gelar Bhakti Kesehatan Gratis di Jabar

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Korps Marinir TNI AL menggelar bhakti kesehatan dan latihan tempur darat di Cisaat, Ciater, Subang, Jawa Barat (Jabar), Senin (07/03/2016).

Bhakti kesehatan Korps Marinir 2016, memberikan dukungan kesehatan kepada masyarakat yang berada di kawasan Cisaat, Ciater, Subang, Jawa Barat dan sekitarnya secara gratis.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan dalam bhakti kesehatan Korps Baret Ungu ini, meliputi pelayanan kesehatan Poli Umum, Poli Gigi, Poli Mata, Poli Kebidanan, Poli Bedah/Khitan, Apotek dan pembagian 250 kaca mata baca.

Kepala Staf Angkatan Laut diwakili Asops Kasal Laksda TNI, Ari Sadewo, menyatakan bangga dan apresiasi terhadap kegiatan bhakti kesehatan yang telah berhasil langsung menyentuh rakyat kecil ini.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya, sebelum menyerahkan 1000 paket sembako kepada para warga, 150 sajadah, tiga kursi roda kepada warga usia lanjut, satu unit sepeda P3K.

Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar), Buyung Lalana, menyatakan bahwa pelaksanaan bhakti kesehatan Korps Marinir TNI AL merupakan implementasi dari program Panglima TNI tentang  “Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Bersama Rakyat TNI Kuat."  Disamping bhakti sosial, Korps Marinir juga melaksanakan latihan Prajurit Marinir yaitu melaksanakan operasi tempur darat lanjutan.

Diskenariokan pasukan Marinir menghancurkan musuh,  setelah berhasil mendarat. Satu batalyon Prajurit Marinir dilibatkan dalam latihan ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemulihan wilayah setelah berhasil dikuasai dengan mengadakan pelayanan kesehatan.

Pemerintah Daerah setempat juga turut hadir dan berpartisipasi dalam bhakti kesehatan kali ini. Dalam sambutannya, Asisten Dua Pemkab Subang, Cecep Supriatin, menyatakan sangat berterima kasih terhadap Marinir yang telah mengadakan kegiatan ini dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Terutama atas operasi khusus terhadap dua warga Subang yang telah menjalani operasi yaitu Adik Saeful dan Nia.

“Sampai ke pelosok pun TNI dapat mengetahui ada warga yang susah. Inilah hebatnya marinir,” ujarnya.

Dalam pelayanan pengobatan gratis ini juga menghadirkan dua warga yang telah menjalani operasi khusus di Rumah Sakit Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, pada 18 Februari 2016 lalu untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut. Kedua warga tersebut adalah Saepul Ermawan (8) warga Desa Cisaat Subang  yang telah menjalani operasi colostomi (pembuatan lubang anus) dan Nia Kurniasih (16), warga Desa Nagrak, Ciater, Subang yang telah menjalani  operasi anoplasti dikarenakan kelainan usus yang diderita sejak lahir.

Kegiatan ini mendapat respon  positif dari masyarakat, tercatat 922 warga mendapat pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini. Warga merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini.  Warga tersebut terdiri dari 102 warga Nagrak, 120 warga Cibitung, 111 warga Ciater, 174 warga Palasari, 144 warga Cisaat, 170 warga Sanca dan 101 warga Cibesi.

Dalam bhakti kesehatan Korps Marinir yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Korps Marinir TNI AL Kolonel Laut (K), Gigih Imanta, melibatkan personel Dinas Kesehatan Korps Marinir TNI AL, Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta dan Batalyon Kesehatan-2 Marinir Jakarta.

Bhakti Kesehatan ini selain diperkuat enam tenaga administrasi kesehatan, 12 dokter umum, empat dokter spesialis gigi, satu dokter spesialis mata, satu dokter obsgyn, satu dokter radiologi, dua bidan, enam perawat bedah, satu apoteker, tiga perawat gigi, 43 perawat umum dan satu radiografer.

Selain itu, diperkuat ratusan prajurit Korps Marinir, juga dilengkapi dengan Rumah Sakit Lapangan, empat unit ambulan, satu unit truk kontainer bedah, obat-obatan dan alat-alat pendukung lainnya.(exe/rri)
0 Komentar